Apa Itu SKS, IP dan IPK, Mahasiswa Baru Harus Tahu

Apa Itu SKS, IP dan IPK, Mahasiswa Baru Harus Tahu

Apa itu SKS, IP dan IPK, Maba Wajib Tahu – Perlu diketahui sistem penilaian di kampus atau perguruan tinggi berbeda dengan sistem penilaian yang diterapkan di Sekolahan. Ada beberapa istilah penting yang kamu sebagai mahasiswa baru harus ketahui. Diantaranya adalah SKS, IP, serta IPK.

Lantas, apa saja makna dari istilah tersebut? Berikut Pusat Kampus rangkum penjelasan dari beberapa istilah pada perkuliahan agar kamu lebih familiar dan tak kaget saat masuk kuliah nanti.

Mengenal Apa itu SKS, IP dan IPK

1. SKS (Satuan Kredit Semester)

SKS atau Satuan Kredit Semester bisa dibilang bobot dari masing-masing mata kuliah. Tiap-tiap mata kuliah memiliki bobot yang berbeda, ada yang memiliki 1,2,3, bahkan sampai 6 SKS/bobot. Dalam satu semester, mahasiswa hanya bisa mengambil SKS maksimal sebanyak 24.

Pada umumnya, jumlah SKS yang harus diambil seorang mahasiswa untuk bisa lulus adalah 144. Jadi sederhananya, SKS adalah parameter terhitung untuk memantau perjalanan studimu. 1 SKS mata kuliah pada umumnya ditempuh selama 40 menit, 2 SKS 80 menit dan seterusnya.

2. IP (Indeks Prestasi)

IP atau indeks prestasi merupakan total nilai yang dikeluarkan setiap akhir semester sebagai nilai dari kegiatan belajar. IP merupakan jumlah dari seluruh nilai mata kuliah dalam satu semester. Nilai IP di setiap kampus beragam tapi secara sederhana nilai untuk satu mata kuliah bisa A, B, C, D dan E.

Bobot nilai A adalah 4, B adalah 3, C bernilai 2, D sama dengan 1, dan E = 0. Beberapa kampus pun masih menggunakan nilai B+ dengan bobot 3.5, C+ dengan bobot 2.5, untuk menentukan besaran nilai.

3. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

IPK adalah indeks prestasi kumulatif, merupakan gabungan IP dari semester 1 hingga akhir kemudian dirata-rata. Besaran IPK tertinggi adalah 4, dan mahasiswa yang berhasil meraihnya akan menyandang julukan cumlaude.

IP (Indeks Prestasi) dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), adalah dua aspek penting yang menentukan perjalanan perkuliahanmu. Selain karena memengaruhi IPK, IP juga penting karena menentukan jumlah mata kuliah yang dapat kamu ambil di semester berikutnya. Semakin tinggi IP-mu, maka semakin banyak jumlah SKS yang dapat kamu ambil.

Nah demikianlah pengertian dari SKP, IP dan IPK yang perlu kamu ketahui sebagai mahasiswa baru, supaya ketika masuk kuliah kamu sudah familiar dan terbiasa dengan istilah-istilah tersebut, jangan lupa untuk kunjungi berbagai informasi menarik seputar perkuliahan hanya di PusatKampus.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini