Tak Sulit, Berikut Cara Menghitung Beban SKS Mata Kuliah

  • Whatsapp
Cara Menghitung Beban SKS Mata Kuliah

Bagi kamu yang baru menapaki dunia perkuliahan, mengetahui cara menghitung beban SKS mata kuliah menjadi salah satu hal yang wajib untuk diketahui. Setiap kampus memiliki kebijakannya masing masing untuk mengatur jumlah SKS yang harus dituntaskan oleh seorang mahasiswa. Kendati demikian cara perhitungan SKS nya masihlah sama. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Mengenal Sistem SKS Di Dunia Perkuliahan

Dalam sistem SKS, seorang mahasiswa diperbolehkan untuk menentukan mata kuliah apa saja yang ingin diambil. Mahasiswa harus mengetahui bahwa setiap matakuliah memiliki beban SKS yang berbeda beda. SKS inilah yang menjadi acuan pengambilan jumlah matakuliah yang dipilih pada semester yang sedang ia jalani.

Untuk program sarjana (S1), jumlah minimal SKS yang harus diambil untuk mendapat gelar adalah 144 termasuk skripsi. Lantas bagaimana cara menghitung beban SKS mata kuliah agar jumlahnya tidak kurang? Kamu harus cermat membuat planning studi. Jangan sampai jumlah minimal 144 SKS belum terpenuhi saat kamu sudah memasuki semester ke 8.

Cara Menghitung SKS Minimal Satu Semester

Cara Menghitung SKS Minimal Satu Semester

Belajar di kampus biasanya dilakukan selama 5 atau 6 hari dalam seminggu. Untuk satu harinya tersedia waktu 8 jam hingga 10 jam.  Sehingga jika kamu kuliah selama 6 hari, secara akumulatif waktu belajar yang kamu miliki adalah 48 jam hingga 60 jam. Dalam jangka waktu ini didalamnya tak hanya berupa kelas, namun juga berupa kegiatan praktikum dan bimbingan.

Kamu harus tahu jika satu SKS rata rata setara dengan 3 ja sehingga jika kamu menggunakan sistem belajar 6 hari dalam seminggu maka kamu dapat mengambil 16 SKS (48 jam dibagi 3 jam). Sedangkan bagi kamu yang belajar selama 60 jam per minggu (10 jam/hari x 6 hari) maka kamu dapat mengambil 20 SKS (60 jam dibagi 3 jam) per semester.

Mengetahui cara menghitung beban SKS mata kuliah menjadi kunci jika kamu ingin lulus tepat waktu. Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa rata rata jumlah SKS yang diambil dalam satu semester adalah 18 SKS. Setiap kampus memiliki ketentuan yang berbeda beda sehingga kamu harus mengetahui bagaimana ketentuan kampusmu.

Jika kamu mengambil 18 SKS dalam satu semester maka dalam 8 semester kamu telah menuntaskan 144 SKS sehingga kamu dapat lulus tepat waktu. Bagi kamu yang ingin mengambil lebih dari 18 SKS tentu juga diperbolehkan namun tentunya perhatikan juga kemampuanmu agar semua mata kuliah yang kamu ambil mendapat nilai yang maksimal.

Kesalahan Perhitungan SKS

Cara Menghitung Beban SKS Mata KuliahMasih ada saja mahasiswa yang tidak mengerti cara menghitung beban SKS mata kuliah. Jika kamu mengambil jumlah SKS dibawa 18 maka kamu diharuskan untuk menambah beban SKS di semester berikutnya. Selain itu pastikan juga apakah ada matakuliah wajib yang harus kamu ambil. Jika memang ada jangan lewatkan mengambil matakuliah tersebut.

Salah perhitungan dan tidak memasukkan mata kuliah wajib menjadi salah satu hal yang sering terjadi pada mahasiswa. Walaupun jumlah SKS telah mencukupi untuk lulus namun jika ada mata kuliah wajib yang tidak diambil maka kamu tidak diperbolehkan untuk lulus karena ada kompetensi wajib yang tidak kamu miliki.

Baca Juga : Apa Itu SKS, IP dan IPK

Jika masalah ini terjadi maka kamu mau tidak mau harus mengambil mata kuliah tersebut dan masalahnya adalah jika kamu lulus di semester ganjil sedangkan mata kuliah tersebut hanya dapat diambil semester genap maka kamu harus menunggu satu semester hingga kelas mata kuliah tersebut dibuka.

Demikianlah beberapa hal yang harus kamu ketahui terkait dengan cara menghitung beban SKS. Cermati betul jumlah sks yang harus kamu selesaikan dan apa saja mata kuliah wajib yang harus diambil pada semester tersebut. Jika perhitunganmu salah maka akan berpengaruh pada lamanya studimu di perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *