Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah yang Benar dan Tips Membuatnya

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

Contoh CV Mahasiswa yang masih kuliah – CV atau Curriculum Vitae adalah sebuah dokumen yang berisikan daftar riwayat hidup. Data-data yang dimasukkan ke dalam sebuah CV di antaranya adalah data diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, riwayat organisasi, prestasi, dan juga keterampilan yang dimiliki.

Membuat CV adalah poin penting yang harus dilakukan sebelum melamar sebuah pekerjaan. Tidak han/ya melamar kerja, CV juga     dapat digunakan oleh mahasiswa yang masih kuliah untuk mendaftar magang ataupun kegiatan lainnya. Melalui CV, HRD atau recruiter akan mendapatkan kesan pertama dari kandidat. Jika kesan yang didapat dari recruiter baik, maka peluang kandidat diterima akan menjadi lebih besar. Oleh karena itu, penting untuk membuat sebuah CV yang baik, benar, dan menarik.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Curriculum Vitae

1. Buatlah urutan dari yang terpenting

Tidak ada ketentuan baku dalam membuat membuat sebuah urutan atau struktur daftar riwayat hidup. Akan tetapi, umumnya daftar riwayat hidup selalu mencantumkan identitas diri, pengalaman kerja, pengalaman pendidikan, kemampuan, serta pengalaman organisasi yang dimiliki oleh kandidat. Bagian-bagian tersebut, ada baiknya disusun mulai dari yang paling penting. Hal tersebut bertujuan untuk membuat recruiter atau HRD tertarik dan melanjutkan membaca CV hingga tuntas.

2. Cantumkan identitas diri

Cantumkan data diri yang memang perlu untuk dicantumkan. Misalnya, nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, dan alamat. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat email dan juga nomor telepon, agar HRD dapat menghubungi kandidat dengan mudah.

3. Cantumkan riwayat pendidikan cukup dari SMA/K

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika membuat sebuah CV adalah riwayat pendidikan. Pada bagian riwayat pendidikan, cukup cantumkan pendidikan formal mulai dari SMK hingga kuliah. Biasanya, pendidikan formal mulai dari TK, SD, dan SMP jarang diperhatikan oleh recruiter karena dianggap tidak memiliki dampak yang penting pada sebuah CV. Selain pendidikan formal, cantumkan pula riwayat pendidikan non-formal semacam kursus bahasa Inggris, pelatihan desain, dan lain-lain.

Baca Juga:  Daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Yogyakarta

4. Tuliskan pengalaman kerja

Jika memiliki pengalaman bekerja sebelum kuliah atau semasa kuliah, cantumkan pada CV beserta dengan deskripsi pekerjaan seperti, nama perusahaan, lama bekerja, profesi atau jabatan, serta tanggung jawab atau pencapaian dalam pekerjaan tersebut.

5. Tulisakan pengalaman organisasi

Jika Anda adalah seorang fresh graduate yang baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman pekerjaan, tidak perlu khawatir. Pada fresh graduate, biasanya recruiter mempertimbangkan pengalaman organisasi yang dimiliki. Oleh karena itu, sama halnya seperti pengalaman kerja, cantumkan pengalaman organisasi secara mendetail. Mulai dari nama organisasi, jabatan, tahun jabatan, hingga detail tanggung jawab dalam sebuah organiasasi.

6. Desain CV dengan menarik

Terakhir, buatlah desain CV sebaik mungkin. Desain yang menarik, akan membuat recruiter tertarik untuk membaca CV kandidat. Untuk membuat desain CV yang menarik, Anda dapat melihat berbagai contoh desain CV yang terdapat di internet.

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

Untuk membantu Anda dalam membuat sebuah curriculum vitae yang baik, berikut adalah contoh CV mahasiswa yang masih kuliah yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Tidak hanya mahasiswa yang masih kuliah, CV ini juga dapat menjadi contoh CV baru lulus kuliah.

Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

Demikianlah contoh CV mahasiswa yang masih kuliah yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk membuat CV. Untuk pembuatan CV baru lulus kuliah tinggal mencantumkan tambahan pendidikan bergelar D3/S1 disertai program studi dan nama Universitas atau Institut.

Untuk membuat CV yang baik, penting juga bagi Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu terhadap profil perusahaan yang ingin dituju, sehingga dapat memahami karakter dari perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk membuat CV sejujur mungkin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini