Point Penting Dalam Pembuatan Makalah Sistem Informasi Manajemen

Makalah Sistem Informasi Manajemen

Pusatkampus.com – Makalah sistem informasi manajemen haruslah baik, benar, dan juga runtut. Makalah ini berisi beberapa bab-bab yang menjelaskan tentang Sistem Informasi Manajemen secara menyeluruh. Sistem Informasi Manajemen sendiri erat dengan dunia bisnis, transaksi, maupun layanan. Berikut ini adalah point penting dalam penyusunan makalah Sistem Informasi Manajemen sederhana yang penting untuk Anda ketahui.

Latar Belakang

Hal pertama yang harus ada dalam makalah Sistem Informasi Manajemen adalah latar belakang. Yang melatarbelakangi SIM adalah peran teknologi dalam setiap esensi kehidupan manusia. SIM menjadi model praktis yang efektif dan efisien untuk bisa melancarkan aktivitas dalam perusahaan. Tidak bisa dimungkiri bahwa sistem ini akan membuat segala sesuatunya bisa lebih cepat dicapai. Dengan adanya SIM ini juga membuat segalanya lebih mudah dan lebih menghemat waktu.

Rumusan Masalah

Selain latar belakang, dalam pembuatan makalah harus disertai dengan rumusan masalah seperti berikut ini:

  1. Pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah?
  2. Bagaimana cara sistem bisa memanajemen perusahaan?
  3. Apa fungsi Sistem Informasi Manajemen di dalam perusahaan?

Manfaat dan Tujuan Makalah

Pada bab ini akan dibahas tentang manfaat dan tujuan makalah. Dalam pembahasan Anda bisa membahas definisi dan pengertian Sistem Informasi Manajemen, cara Sistem Informasi Manajemen mengembangkan atau memanajemen perusahaan. Yang terakhir membahas fungsi sistem ini di dalam perusahaan. Jika tidak diberikan batasan pembahasan makalah akan melebar. Dalam pembahasan semakin lengkap akan semakin baik namun tidak keluar dari konteks yang telah dirumuskan.

Pembahasan

Dalam pembahasan ini Anda bisa mulai menjelaskan pengertian Sistem Informasi Manajemen tersebut. Pengertian Sistem Informasi Manajemen adalah bentuk teknologi yang mana digunakan untuk mengombinasikan Sumber Daya Manusia untuk bisa mencapai tujuan tertentu. Pembahasan yang kedua berupa bagaimana cara SIM melakukan manajemen perusahaan. Dalam poin ini Anda bisa menjelaskan tentang hubungan SIM dengan aktivitas perusahaan dimana SIM ini menjadi pengendali operasional yang mampu mengendalikan keputusan pada setiap operasional yang terjadi sesuai dengan prosedur dan juga aturan yang sudah di konsep dan di program.

Baca juga : Tips Membuat Jurnal Sistem Informasi Manajemen

Selain itu SIM ini juga dijadikan sebagai pengendalian manajemen yang dilakukan oleh manajer departemen berupa alokasi sumber daya, menerapkan sistem operasional, atau untuk memutuskan keputusan baru. SIM juga digunakan sebagai dasar perencanan strategis untuk mencapai sebuah tujuan tertentu, dan yang terakhir adalah memanajemen fungsi organisasi dimana dijadikan sebagai proses manajemen operasional federasi sub sistem yang saling berhubungan satu dengan lainnya.

Pembahasan yang ketiga adalah fungsi dari SIM tersebut dimana yang pertama adalah membantu operasional bisnis contohnya dalam penelusuran pesanan pelanggan, memberikan respons yang cepat dan juga baik. SIM membantu pengambilan keputusan manajerial berkat dukungan informasi yang telah disajikan, dan yang terakhir adalah pendukung strategi yang baik guna pencapaian yang lebih tepat sasaran.

Penutup

Dalam penutup ini berisi kesimpulan. Anda bisa menjabarkan secara singkat dari kesimpulan  makalah yang Anda buat misalnya adalah SIM menjadi teknologi yang sangat membantu efektivitas dan juga efisiensi bisnis, SIM membantu operasional perusahaan menjadi lebih mudah, dan yang terakhir adalah SIM membuat informasi yang disajikan akurat.

Demikianlah contoh makalah Sistem Informasi Manajemen yang penting untuk diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini