5 Contoh Sistem Informasi Manajemen

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Contoh Sistem Informasi Manajemen – juga penting diketahui. Dengan mengetahui contohnya SIM ini akan mudah dipahami begitu pula dengan proses-proses yang ada di dalamnya. Membicarakan tentang SIM ini tidak hanya secara teori saja namun contohnya juga harus dijabarkan secara jelas. Karena sistem ini berhubungan dengan informasi manajemen maka perusahaan atau organisasi akan berhubungan dengan teknologi. Seseorang yang bekerjanya dengan teknologi disebut dengan praktisi informatika maupun ahli IT. Mereka lah pihak-pihak yang nantinya merancang Sistem Informasi Manajemen tersebut. Ada beberapa contoh Sistem Informasi Manajemen yang banyak diterapkan di perusahaan atau organisasi seperti berikut ini:

ERP

Contoh Sistem Informasi Manajemen adalah ERP. ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resources Planning dimana menjadi sebuah sistem yang terintegrasi dan memudahkan dalam melakukan perencanaan terhadap sumber daya yang dimiliki perusahaan. Untuk menerapkan ERP ini harus menggunakan teknologi informasi berhubungan dengan perangkat lunak software dan juga keras atau hardware. Dengan sistem atau teknologi ini perusahaan bisa merangkum berbagai macam aktivitas perusahaan, mengolah, dan kemudian menjadikannya sebuah informasi yang real time.

TPS

Transaction Processing Systems yang mana akan memanajemen dengan mencatat, mengumpulkan, menyimpan, dan juga mengolah semua data transaksi bisnis yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Sistem pada TPS ini akan bermanfaat dalam transaksi data dengan volume besar, bervariasi, dan juga secara efisien. TPS ini akan menghindarkan pencatatan yang error, tidak akurat dengan privasi, dan juga keamanan data yang terjamin.

Contoh dari TPS ini adalah mencatat kemudian mengolah berbagai macam data transaksi bisnis. Misalnya seperti laporan, penjualan, perubahan inventori atau persediaan, laporan gaji dan karyawan, dan formulir pembayaran pajak.

OAS Otomatis

OAS atau Office Automation Sistem disebut juga dengan virtual office dimana sistem ini akan menggabungkan berbagai macam teknologi informasi yang mana memiliki fungsi untuk menyimpan, mengolah, maupun mengirimkan berbagai macam data dalam bentuk komunikasi elektronik bersifat virtual.

Konsep OAS sendiri merupakan server perusahaan sebagai pusat pengendalian. Para karyawan bisa saling berkomunikasi melalui server di pusat tersebut. Semua data akan tersimpan di dalam server sehingga yang membutuhkan data tersebut aksesnya akan mudah.

Baca juga : Tips Membuat Jurnal Sistem Informasi Manajemen

KWS

KWS atau Knowledge work system ini sebuah sistem informasi yang mana memanfaatkan pengetahuan baru untuk digunakan perusahaan. KWS memanfaatkan, mengintegrasikan pekerja profesional seperti insinyur, profesor, dokter, dan juga ilmuwan. Tujuannya agar bisa menciptakan suatu hal yang baru dan juga memberikan manfaat yang besar kepada perusahaan.  Dengan sistem aplikasi ini bisa membuat pekerja bisa menyalurkan ide dan juga diterapkan ke dalam pekerjaan secara efektif dan juga efisien.

DSS

Decision Support System menjadi sistem informasi berbasis komputer untuk mengamati lingkungan perusahaan. Sistem ini juga menjadi informasi pendukung di dalam pengambilan keputusan bisnis. Contoh penerapan DSS ini adalah mencari solusi masalah dengan memberikan respons yang cepat meski dalam kondisi yang selalu berubah.

Demikianlah beberapa contoh Sistem Informasi Manajemen yang sering digunakan di dalam perusahaan atau informasi, semoga beberapa informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini