Tips Membuat Jurnal Sistem Informasi Manajemen

Jurnal Sistem Informasi Manajemen

Jurnal Sistem Informasi Manajemen – Penulisan jurnal sering membuat teman-teman, guru, atau dosen ini sering mengalami kebingungan. Padahal di era pendidikan saat ini jurnal menjadi syarat utama untuk berbagai hal seperti kenaikan pangkat, penilaian kinerja, dan lain sebagainya. Jurnal adalah publikasi periodik, dimana biasanya dalam bentuk artikel kemudian diterbitkan secara berkala. Biasanya jurnal diterbitkan dalam beberapa waktu tertentu seperti 4 bulan sekali atau setiap tahun. Pada kesempatan kali ini aka dibahas tentang jurnal SIM.  Ada beberapa susunan dan tips membuat jurnal Sistem Informasi Manajemen yang baik dan benar seperti berikut ini:

Judul

Tips yang pertama adalah judul. Setiap jurnal harus memiliki judul yang jelas. Dengan membaca judul ini pembaca akan mengetahui inti dari jurnal tersebut. Yang harus diperhatikan saat membuat judul ini adalah tidak boleh memiliki nilai ganda. Selain itu tidak boleh melebihi 12 kata khusus bahasa Indonesia dan khusus bahasa Inggris tidak boleh lebih dari 10 kata. Judul ini harus dicetak tebal, posisinya di tengah halaman, dan diketik dengan menggunakan huruf kapital.

Nama

Anda bisa menuliskan nama penulis, nama pembimbing I, nama pembimbing II, tanpa menggunakan gelar akademik namun lebih dianjurkan dengan menggunakan nama lembaga seperti nama prodi, fakultas, dan juga universitas, selain itu dianjurkan untuk menyertakan alamat dan juga email.

Abstrak

Tips menulis jurnal SIM selanjutnya adalah dengan memberikan abstrak. Abstrak ini berbeda dengan ringkasan dimana abstrak dalam jurnal ilmiah ini memiliki fungsi untuk mencerna secara singkat jurnal tersebut. Untuk abstrak ini jangan pernah menggunakan singkatan atau kutipan karena abstrak ini harus berdiri sendiri tanpa catatan kaki. Cara mudah untuk menuliskan abstrak adalah Anda bisa mengutip poin-poin penting dan menyusun deskripsi singkat tentang jurnal yang telah Anda buat tersebut. Penulisan abstrak ini dibuat dengan menggunakan 1 spasi.

Kata Kunci

Kata kunci ini sebanyak 3 sampai dengan 5 kata yang mana diambil dari inti penelitian.

Pendahuluan

Tips membuat jurnal sistem informasi manajemen selanjutnya adalah dengan membuat pendahuluan dimana di sini berisi uraian permasalahan yang akan diteliti dimana hal ini dikaitkan dengan teori dan juga diakhiri dengan tujuan dilaksanakannya penelitian tersebut. Pendahuluan ini diketik dengan menggunakan 2 spasi dan isinya kurang lebih 4 sampai dengan 6 halaman.

Metode Penelitian

Susunan yang harus ada selanjutnya adalah metode penelitian, dimana bagian ini Anda bisa menjelaskan desain percobaan, peralatan, metode pengumpulan data, dan jenis pengendalian. Aturan penulisan ini adalah memaparkan secara rinci dan juga secara jelas sehingga pembaca bisa memiliki pengetahuan dan juga teknik dasar yang dipublikasikan.

Baca juga : 5 Contoh Sistem Informasi Manajemen

Pembahasan

Pembahasan dibagi dalam sub bab dan diketik di dalam 2 spasi. Penulisan ini kurang lebih 4 sampai dengan 6 halaman. Dalam pembahasan ini Anda bisa membandingkan hasil penelitian. Anda juga bisa menggabungkan hasil penelitian Anda dan sebelumnya menunjukkan persamaan dan juga membahas perbedaannya.

Simpulan dan Daftar Pustaka

Yang terakhir adalah  simpulan yang berupa pembuktian hipotesis dari penelitian ditulis ringkas dan memuat informasi yang cukup. Yang terakhir adalah daftar pustaka di tulis di halaman baru, diketik tebal dan menggunakan huruf kapital.

Demikianlah tips membuat jurnal Sistem Informasi Manajemen yang baik dan benar, semoga informasi ini bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini