kuliah online Unikom

Mengenal Seluk Beluk Kuliah Online Unikom Bandung

Diposting pada

Kuliah Online Unikom – Perguruan tinggi merupakan tahapan akhir dalam sebuah pendidikan formal. Setelah melalui pendidikan formal dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan (SMA/K), maka tahapan pendidikan selanjutnya adalah perguruan tinggi. Akan tetapi, tidak sama dengan tiga tahapan sebelumnya yang bersifat wajib, tahapan pendidikan perguruan tinggi bersifat opsional. Dalam arti, boleh dilakukan ataupun tidak.

Mahalnya biaya pendidikan di perguruan tinggi serta kesibukan sehari-hari misalnya, bekerja, menjadi salah satu alasan orang-orang lebih memilih untuk menunda melakukan pendidikan di perguruan tinggi. Alasannya, tentu saja mereka tidak memiliki waktu untuk bertatap muka dalam kelas karena kesibukan masing-masing. Akan tetapi, saat ini banyak instansi pendidikan yang memberikan kemudahan kepada mahasiswanya untuk dapat melakukan kelas perkuliahan secara lebih fleksibel, yaitu melalui online (daring). Salah satu universitas yang memberikan kemudahan tersebut adalah Unikom (Universitas Komputer Indonesia).

Sejarah UNIKOM (Universitas Komputer Indonesia)

Unikom (Universitas Komputer Indonesia) sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi swasta ternama yang berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Tepatnya, di Jalan Dipatiukur No. 112-114. Universitas dengan motto quality is our tradition ini berdiri pada 8 Agustus 2000, sejalan dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 126/D/0/2000.

Sejarah Unikom (Universitas Komputer Indonesia) dimulai dari tahun 1994, saat LPKIG (Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman) dibentuk di Jalan Dipatiukur 102 Bandung. Pada awal berdirinya, lembaga ini hanya memiliki 1 ruang kelas dengan kapasitas 50 orang dan 1 ruang laboratorium komputer. Lembaga ini juga hanya menyediakan program pendidikan satu tahun dengan lima program studi, dan jumlah peserta didik sebanyak 233 orang.

Hingga pada tahun 1998, LPKIG mendapatkan animo masyarakat yang begitu besar. Animo yang besar tersebut kemudian mendorong pengembangan LPKIG menjadi semakin luas. Mulai dari penambahan gedung, program studi, hingga ruang kelas, dan lain sebagainya. Jumlah peserta didik hingga tahun 1998 pun mencapai 1184 orang.

Kemudian, pada 24 Desember 1998, dibentuklah sebuah Yayasan Science dan Teknologi yang kemudian dilanjutkan dengan pendirian STIMIK IGI, dan juga STIE IGI ke DIKTI. Pembentukan lembaga baru ini mempertimangkan perubahan dinamika peserta didik serta institusi yang semakin berkembang.

Setelah dua tahun berjalan, untuk membuat sebuah sistem pendidikan yang efisein, produktif, dan juga efektif, diajukanlah usulan untuk menggabungkan dua Sekolah Tinggi tersebut menjadi satu lembaga pendidikan bernama Universitas Komputer Indonesia. Hingga pada 8 Agustus 2000, sejalan dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 126/D/O/2000, kedua Sekolah Tinggi tersebut resmi bersatu menjadi Universitas Komputer Indonesia (Unikom).

Sejak resmi bernama Universitas Komputer Indonesia (Unikom), secara berkelanjutan universitas ini menerima kurang lebih 2000 mahasiswa baru setiap tahunnya. Hingga kini, Universitas Komputer Indonesia (Unikom) memiliki 6 fakultas dengan 23 program studi.

Univeritas Komputer Indonesia (Unikom) sendiri memiliki tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang Teknologi Informasi dan juga Komunikasi, memiliki kopeten dalam bidang studi yang ditekuni, memiliki jiwa entrepreneur, memiliki karakter yang santun dan berbudi luhur, berkomitmen dalam memajukan bangsa dan negara serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, Unikom juga memiliki budaya organisasi PIQIE, yang merupakan kependekan dari kata professionalism, integrity, quality, informastion technology, serta excellence.

Biaya Kuliah Unikom Bandung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Universitas Komunikasi Indonesia (Unikom) memiliki setidaknya 6 fakultas yang terdiri atas, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Hukum, Fakultas Desain, serta Fakultas Sastra. Fakultas-fakultas tersebut masih dibagi lagi dalam beberapa jurusan. Jurusan kuliah online unikom tentu saja memiliki biaya yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Beasiswa KSE Karya Salemba Empat untuk Mahasiswa S1/D4

Jurusan-jurusan yang tersedia di Universitas Komputer Indonesia (Unikom) di antaranya adalah, Teknik Informatika, Sistem Komputer, Teknik Industri, Teknik Arsitektur, Sistem Informasi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Sastra Inggris, serta Sastra Jepang.

Universitas Komputer Indonesia sendiri memiliki dua jenis kelas yaitu, kelas reguler dan kelas karyawan. Kedua kelas tersebut biasanya memiliki biaya yang berbeda. Kelas reguler biasanya cenderung lebih murah dibandingkan dengan kelas karyawan. Pada kelas karyawan, biasanya biaya kuliah Unikom Bandung ditambahkan sebesar 1 juta rupiah. Untuk lebih spesifik, biaya kuliah Unikom Bandung dapat diakses pada laman website resmi Unikom, yaitu unikom.ac.id pada bagian penerimaan mahasiswa baru.

Sistem Kuliah Online Unikom

Universitas Komunikasi Indonesia (Unikom) memiliki beragam sistem pembelajaran dalam perkuliahan yang disusun guna mempermudah mahasiswa. Selain tatap muka secara langsung, Unikom juga menyediakan sistem kuliah online (e-learning) yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk tetap melakukan pembelajaran perkuliahan, meskipun tidak dapat hadir dalam pertemuan kelas secara langsung.

Kuliah online yang dilakukan oleh Unikom, dapat diakses melalui https://kuliahonline.unikom.ac.id/. Dengan sistem kuliah online, pembelajaran tidak hanya dapat dilakukan secara langsung di kampus, melainkan juga di luar kampus. Untuk dapat mengakses dan mengikuti kuliah online dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom), syaratnya tentu saja harus terdaftar menjadi mahasiswa Unikom.

Dalam situs kuliah online yang disediakan oleh Universitas Komputer Indonesia, terdapat berbagai jenis fitur yang disediakan oleh Unikom di antaranya, pemilihan kelas, pencarian dosen, pencarian mahasiswa, pencarian materi perkuliahan, sistem kirim pesan antar pengguna, pengumuman, serta fitur melihat nilai hasil mata kuliah.

Fitur-fitur tersebut tentu saja dapat digunakan oleh mahasiswa untuk melaksanakan kuliah online Unikom, mendapatkan berbagai materi perkuliahan, diskusi forum, maupun melihat informasi atau pengumuman-pengumuman yang diberikan oleh pihak kampus.

Cara Daftar Kuliah Online Unikom

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk daftar kuliah online Unikom yang diadakan oleh Universitas Komunikasi Indonesia (Unikom), peserta terlebih dahulu harus terdaftar sebagai salah satu mahasiswa dari Universitas Komunikasi Indonesia (Unikom). Untuk menjadi mahasiswa Unikom sendiri syarat yang harus dipenuhi dapat dilihat pada laman website resmi dari Unikom yaitu, pmb.unikom.ac.id.

Unikom sendiri menggunakan integrasi Sso pada semua website Unikom. Dengan demikian, mahasiswa dapat melakukan akses terhadap seluruh fasilitas web Unikom dengan aman dan nyaman. Jika sudah terdaftar sebagai mahasiswa Unikom, maka tahapan selanjutnya untuk mengikuti kuliah online Unikom adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke laman kuliah online Unikom, https://kuliahonline.unikom.ac.id/
  2. Jika sudah terdaftar, Anda hanya perlu login dengan menggunakan akun SSO yang dimiliki. Namun, jika belum memiliki akun SSO, aktifkan terlebih dahulu akun SSO yang terdapat di beranda bagian atas. Caranya, pilih jenis akun yang digunakan, sebagai dosen, mahasiswa, alumni, atau karyawan. Kemudian, isi form yang muncul, keudian login dengan menggunakan username dan juga password.
  3. Jika sudah aktif, maka Anda dapat masuk ke kuliah online. Masuk ke bagian ruang dosen untuk dosen, sedangkan mahasiswa masuk ke bagian beranda mahasiswa.
  4. Selanjutnya, klik bagian segera lakukan integrasi untuk menyelesaikan.

Demikianlah seluk beluk mengenai Universitas Komunikasi Indonesia (Unikom) serta kuliah online Unikom yang dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih universitas dengan sistem pembelajaran yang mudah. Kuliah online yang dilakukan oleh Unikom sendiri memiliki keuntungan di antaranya, hemat waktu serta tempat, memudahan komunikasi antar dosen dan mahasiswa, mampu menampung mahasiswa dalam jumlah yang lebih banyak, serta terciptas kelas yang lebih rileks dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *