Persiapan Sebelum Masuk Kuliah Desain Interior

Calon Mahasiswa Jurusan Desain Interior

Pusatkampus.com – Banyak banget yang nanya tentang apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum masuk kuliah desain interior. Jadi disini kami akan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan hal-hal simpel yang mungkin bisa bantu kalian untuk mempersiapkan diri sebelum masuk kuliah. Yang pertama, kamu harus punya pengetahuan tentang apa yang akan dipelajari waktu kuliah desain interior. Kalian itu harus tahu hal-hal apa saja yang bakalan dipelajari di kuliah nanti, supaya nanti nggak akan ngerasa salah jurusan atau nanti tiba-tiba keluar di tengah-tengah.

Kan itu sayang banget. Jadi mendingan kalian harus tahu benar-benar apa yang akan kalian pelajari. Jadi bisa dipersiapkan dari sekarang juga. Bisa dicicil belajarnya dari sekarang, mungkin yang masih SMA. Banyak juga sih yang SMP DM sama aku. Beberapa diantara mereka itu udah yakin banget pengen masuk desain interior Jadi mungkin kalau yang kayak gitu bisa lebih baik ya mempersiapkan diri. Banyak juga yang nanya, Buku apa yang bisa dipakai untuk belajar desain interior awal-awal… Aku juga sebenarnya udah sempet jawab di DM-nya, cuma aku mau kasih tahu lagi ke kalian yang mungkin belum sempet tanya ke aku. Jadi, sebenarnya untuk yang masih SMP atau SMA kalau pengen tahu lebih dalam tentang desain interior, aku selalu bilang: daripada kamu beli buku-buku desain interior yang harganya lumayan juga… Itu lebih baik coba saja buka website tentang desain interior atau beli majalah yang memang harga yang lebih terjangkau. itu kalian bisa coba belajar dari situ dulu. Menurut aku juga bagus untuk pengenalan desain interior. Ketimbang kalian beli buku yang mahal-mahal tapi pada akhirnya nggak akan kepake juga karena belum ngerti isinya tentang apa. Tapi yang paling gampang sih, tetep nontonin video aku karena apa yang kalian pengen tahu mungkin aku bisa bantu.

Yang kedua, persiapkan portfolio dengan baik. Sebenarnya ada beberapa universitas juga yang nggak minta portfolio ke kita. Contohnya waktu dulu aku masuk kuliah juga aku nggak ada tes gambar dan nggak disuruh untuk mengumpulkan portofolio. Tapi, kalau kamu pengen masuk ke kampus yang memang minta kamu untuk kumpulin portfolio, kamu bisa banget kumpulin portfolio mulai dari sekarang. Apalagi yang masih SMP atau SMA bisa coba misalnya belajar menggambar atau kalian coba juga perbanyak kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan seni dan desain. Misalnya, buat suatu hasil karya tertentu bisa banget dijadikan portfolio buat kalian masuk ke kampus yang memang diinginkan. Yang ketiga adalah persiapan mental. Ini tuh penting banget soalnya kuliah itu beda dengan kita sekolah SD, SMP, SMA. Apalagi untuk di desain interior itu kamu harus terbiasa ditolak sama dosen, terus sudah susah-susah begadang kerjain tugas segala macam tapi, ujungnya juga masih saja ditolak… Harus terbiasa dengan itu. Jangan gampang putus asa dan jangan gampang menyerah. Nah, selain itu, kenapa harus persiapan mental? Karena waktu kita kuliah itu kita kan nggak mungkin kuliah tuh cuma satu kelas kita sendiri aja.

Baca Juga:  Prospek Kerja Kuliah Jurusan Desain Interior

Tapi disitu akan banyak temen-temen kita yang lainnya yang juga mengerjakan tugas yang sama dengan kita dan disitu biasanya secara apa ya… psikologis itu akan mempengaruhi mental kita. Karena ketika kita ngerjain project yang sama secara langsung atau nggak langsung akan membuat satu persaingan. Nah, disitu ketika kita lihat hasil karya orang lain yang mungkin lebih bagus pasti itu akan berpengaruh sama diri kita juga. Tapi kalau kita udah persiapkan mental itu dari awal pasti nanti kalau kuliah, hal-hal yang kayak gitu nggak akan gampang mengganggu kita.

Jadi, kita akan lebih fokus ke hasil karya kita sendiri. Lalu selanjutnya adalah kamu bisa belajar untuk me-manage waktu. Mungkin kalau kamu yang sudah tahu pengen masuk desain interior, kamu bisa belajar me-manage waktu dari sekarang karena nanti saat kuliah desain interior itu pengaturan waktu tuh sangat penting. Yang terakhir, baru kita persiapkan biaya. Sebenarnya biaya ini bukan berarti harus dipersiapkan di akhir, pasti tentunya ada juga orang-orang yang mempersiapkan biaya di awal. Jadi maksud aku nyebut biaya ini di akhir itu bukan berarti dia harus paling akhir dipikirin atau paling gak penting… itu bukan. Biaya yang perlu kamu persiapkan itu bukan cuma untuk bayar kuliah aja. Tapi, kamu juga harus persiapkan biaya-biaya untuk membeli alat-alat yang dibutuhkan. Mungkin kalau pengen beli buku juga harus ada dana untuk itu dan lain-lain. Pokoknya itu semuanya harus persiapkan. Itu tadi persiapan yang bisa kamu lakuin dari sekarang yang mungkin bisa sangat membantu nantinya untuk kamu yang memang sudah tahu mau kuliah desain interior.

Terima kasih sudah nonton video ini. Jangan lupa subscribe, like, share, dan comment ya. Terima kasih :).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini