Ini Dia Prospek kerja Jurusan Ekonomi Syariah dan Gajinya

Prospek kerja jurusan ekonomi syariah saat ini bisa dikatakan melebar atau sangat dibutuhkan mengingat perkembangan ekonomi syariah semakin pesat di Indonesia, apalagi...

Written by Pusat Kampus · 1 min read >
Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

Prospek kerja jurusan ekonomi syariah saat ini bisa dikatakan melebar atau sangat dibutuhkan mengingat perkembangan ekonomi syariah semakin pesat di Indonesia, apalagi kebanyakan masyarakat Indonesia beragama Islam sehingga mereka lebih memilih sistem yang sesuai Syariat Islam. Hal ini menjadi kesempatan bagi Anda yang saat ini berada di jurusan ekonomi syariah. Anda tak perlu bingung setelah lulus nanti kerja apa, karena prospeknya sangat banyak.

Setiap jurusan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tak terkecuali jurusan ekonomi syariah. Kelebihan dan kekurangan Kuliah jurusan ekonomi syariah ini bukan menjadi hambatan, yang terpenting Anda fokus terhadap pelajaran selama kuliah agar Anda memiliki skill yang dibutuhkan sesuai jurusan.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

Masyarakat muslim Indonesia mulai beralih dari pekerjaan atau produk keuangan konvensional ke Syariah karena dinilai bisa membawa kesejahteraan. Adapun berikut ini merupakan prospek kerja jurusan ekonomi syariah, yaitu

1. Karyawan Bank Syariah

Selama menempuh pendidikan di jurusan ekonomi syariah anda akan mempelajari banyak mata kuliah yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan berdasarkan syariat Islam seperti fiqih muamalah, prinsip dasar hukum Islam, Ekonomi keuangan publik Islam dan lainnya. Dengan ilmu dan kemampuan yang Anda pelajari selama di kuliahan, Anda berkesempatan untuk bekerja sebagai karyawan perbankan syariah.

Bekerja di sektor perbankan merupakan salah satu impian banyak orang, karena pekerjaan ini dinilai enak, terpandang dan gaji yang besar. Untuk gaji karyawan perbankan sendiri bisa mencapai 5 juta rupiah setiap bulannya.

2. Staff Keuangan

Prospek kerja jurusan ekonomi syariah selanjutnya yaitu bisa menjadi staff keuangan di suatu lembaga atau perusahaan tertentu yang mengedepankan prinsip syariah Islam. Tentu ini juga menjadi peluang yang bagus dan sayang dilewatkan. Adapun untuk gaji rata-rata seorang staf keuangan bervariasi sesuai kebijakan kantor, namun umumnya di atas UMR minimal 4 juta rupiah setiap bulannya.

Baca juga: Prospek Kerja Psikologi S1 dan Gajinya untuk Para Fresh Graduate

3. Pegawai Negeri

Prospek kerja jurusan ekonomi syariah yang tak kalah menarik yaitu menjadi pegawai negeri di kementerian agama atau kementerian Keuangan. Gaji sebagai ASN golongan 1 bisa menembus jutaan rupiah. Apalagi jika lulusan sarjana yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang baik, dimana Anda berkesempatan untuk menjabat posisi golongan atas.

Bahkan gaji ASN bisa mencapai lebih dari rp5.000.000 per bulan. Tentu ini disesuaikan dengan jabatan yang ada miliki nantinya. Semakin tinggi jabatannya semakin besar pula gaji pokok dan tunjangan yang Anda terima.

4. Ahli Ekonomi Islam

Jika Anda tertarik dalam mempelajari ilmu ekonomi syariah dan memutuskan untuk kuliah lebih lanjut setelah lulus S1 Anda bisa menjadi ahli ekonomi Islam. Provinsi ini bertugas menjadi seorang konsultan untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang ada di Indonesia. Untuk gaji seorang ahli ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.

5. Tenaga Pengajar

Prospek kerja jurusan ekonomi syariah ternyata bukan hanya dalam hal keuangan atau perbankan saja tetapi Anda bisa menjadi tenaga pengajar atau guru ekonomi di tingkat pendidikan SMP dan SMA setelah lulus S1. Namun jika Anda berhasil menyelesaikan pendidikan magister, Anda berkesempatan untuk menjadi dosen di Universitas negeri maupun swasta dengan gaji yang bervariasi minimal 4 juta rupiah per bulan.

Itulah 5 prospek kerja jurusan ekonomi syariah yang bisa anda ketahui. Tentu masih banyak kesempatan yang bisa Anda peroleh setelah lulus dari jurusan ini, yang terpenting Anda memiliki skill yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.