Ini Dia Prospek Kerja Jurusan Kearsipan

Prospek kerja jurusan kearsipan cukup beragam dan sangat dibutuhkan dunia kerja saat ini. Kearsipan merupakan jurusan yang mempelajari kearsipan dalam cakupan yang...

Written by Pusat Kampus · 1 min read >
Prospek kerja jurusan kearsipan

Prospek kerja jurusan kearsipan cukup beragam dan sangat dibutuhkan dunia kerja saat ini. Kearsipan merupakan jurusan yang mempelajari kearsipan dalam cakupan yang lebih luas. Arsip sendiri berarti rekaman tentang banyak hal.

Dalam undang-undang nomor 43 Tahun 2009 jelaskan bahwa arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa yang berbentuk media sesuai pengembangan teknologi informasi serta komunikasi yang dibuat, dan diterima oleh lembaga negara, pemda atau pemerintah daerah, institusi pendidikan, perusahaan, organisasi politik, masyarakat maupun perseorangan.

Meskipun terlihat sepele, namun kegiatan arsip membutuhkan keterampilannya sendiri agar keutuhan, keamanan, ketersediaan serta keotentikannya terjamin. Makanya tak heran jika prospek kerja jurusan kearsipan sangat dibutuhkan.

Prospek Kerja Jurusan Kearsipan

Jurusan kearsipan diketahui sepi peminat dan jarang ada di Universitas. Jika tertarik dengan jurusan ini, Anda harus mencari universitas negeri atau universitas swasta yang ada jurusan kearsipan. Jika jurusan ini sepi peminat maka semakin besar peluang Anda untuk masuk ke profesi kearsipan dengan mudah. Adapun berikut ini merupakan beberapa prospek kerja jurusan kearsipan, yaitu:

1. Pustakawan

Bagi Anda yang suka berliterasi, dan masuk ke jurusan kearsipan, Anda bisa menjadi seorang pustakawan yang profesional. Pustakawan merupakan seorang yang bekerja di perpustakaan dan bertugas untuk mengelola buku. Pustakawan harus memiliki minat serta passion tinggi pada buku atau membaca. Anda juga harus telaten pada arsip dokumen atau lainnya.

2. Staf Administrasi

Prospek kerja jurusan kearsipan selanjutnya yaitu menjadi staff administrasi, yang bertugas untuk menyiapkan kearsipan di lembaga sekolah atau tata usaha. Pasalnya saat menjadi tata usaha di sekolah Anda akan menyimpan banyak data dan arsip siswa-siswi di sekolah.

3. Instansi Pemerintah

Jurusan kearsipan juga bisa bekerja di instansi pemerintahan atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Anda bisa bekerja dibidang ilmu administrasi atau kearsipan dengan membuat surat, mengelola data dan arsip dari instansi tersebut.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Paling Dicari!

4. Sekretaris

Bagi para lulusan jurusan kearsipan sendiri bisa bekerja di sebuah perusahaan atau kantoran, salah satunya menjadi sekretaris. Hal ini dikarenakan jurusan kearsipan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat surat perintah, menata dokumen dengan baik, arsip data yang rapi, dan lainnya.

Tentu banyak peluang yang bisa didapatkan, mengingat setiap perusahaan pasti membutuhkan sekretaris. Untuk gaji seorang sekretaris di perusahaan swasta sendiri cukup besar.

5. Juru Arsip

Prospek kerja jurusan kearsipan yang lebih spesifik yaitu menjadi juru arsip di beberapa perusahaan baik BUMN atau swasta. Bekerja sebagai juru arsip Anda bertugas untuk mengikuti riset sebagai bahan arsip, membuat surat atau dokumen penting, menyimpan dokumen dengan rapi dan telaten, dan lainnya. Juru arsip mesti memiliki keterampilan untuk menilai, mengedit, serta mengamankan aset penting milik perusahaan

Adapun untuk berzakat gajinya beragam sesuai dengan perusahaan mana tempat Anda bekerja. Di daerah perkotaan padat industri, Anda bisa mendapatkan gaji hingga 6 juta setiap bulannya sebagai juru arsip.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan kearsipan yang bisa Anda ketahui. Tentu Anda juga berkesempatan untuk bekerja di manapun yang Anda inginkan, yang terpenting Anda memiliki skill atau kompetensi yang dibutuhkan. Jurusan kearsipan sendiri diketahui memiliki sedikit peminat, ini membuka peluang bagi Anda untuk meraih prospek kerja tersebut lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.