Prospek Kerja Kuliah Jurusan Desain Interior

Prospek Kerja Kuliah Jurusan Desain Interior

Pusatkampus.com – Pada artikel kali ini, secara kusus kami akan bahas tentang prospek kerja bagi kamu jika lulus kuliah jurusan desain interior. Jadi, disini kami akan bahas tentang pekerjaan apa aja yang bisa kamu coba setelah lulus kuliah desain interior. Mungkin kalau dulu profesi desainer interior itu gak terlalu dikenal, tapi seiring perkembangan zaman, profesi desainer interior itu udah mulai dikenal dan dibutuhkan.

Jadi, pasarnya juga udah sangat banyak sekarang. Disini tuh kita bisa kerja sendiri sebagai freelancer atau buka usaha sendiri dan kita juga bisa kerja di perusahaan, jadi kerja-kerja kantoran gitu… Kami akan kasih tahu kamu beberapa pekerjaan yang menurut kami bisa kamu coba setelah lulus kuliah. Yang pertama, kamu bisa kerja di perusahaan yang bergerak di bidang konsultan dan/atau kontraktor. Disitu banyak banget jenis projectnya. Seperti yang pernah kami bilang di salah satu artikel kami bahwa desain interior itu gak cuma mendesain rumah aja.

Tapi juga ruang lingkupnya sangat banyak banget. Kamu bisa desain hotel, rumah sakit, restaurant, cafe, bahkan bandara, museum, terus apalagi deh pokoknya banyak. Kalau kamu suka mendesain pameran kamu bisa jadi exhibition designer. Perusahaan yang bergerak di bidang konsultan dan/atau kontraktor itu tuh di Indonesia sangat banyak. Jadi, jangan takut kehabisan pekerjaan. Banyak juga perusahaan-perusahaan pemerintah yang membutuhkan lulusan desain interior. Ada juga perusahaan-perusahaan lain yang mungkin gak terpikirkan sama kita bahwa mereka itu butuh desainer interior, contohnya perusahaan yang bergerak di bidang retail ternyata itu tuh butuh juga jasa seorang desainer interior.

Yang biasanya mereka punya divisi tersendiri di perusahaannya. Yang kedua, kalau kamu kurang berminat bekerja untuk mendesain suatu tempat, kamu bisa kerja dengan memilih bidang yang lebih spesifik. Seperti misalnya kalau kamu suka material, kamu bisa kerja atau membuka toko material. Itu juga dibutuhkan ilmu-ilmu tentang bahan. Atau kalau kamu lebih suka mendesain furniture aja kamu juga bisa kerja di tempat furniture atau buka toko furniture sendiri. …bebas… Kalau kamu lebih suka mendekorasi ruangan, kamu bisa coba jadi dekorator.

Baca Juga:  Persiapan Sebelum Masuk Kuliah Desain Interior

Kalau pengen coba sesuatu yang baru, kamu bisa coba kerja di bidang media. Nah, disitu juga ada pekerjaan sebagai desainer interior. Kamu bisa coba mendesain panggung misalnya. Biasanya kan acara-acara tv gitu, kalau kamu pengen kerja di media tv itu biasanya mereka suka mengadakan acara gitu. Butuh stage designer. Atau juga kamu bisa membangun set (mendesain set) untuk satu acara tv. Itu juga bisa. Nah, media lainnya yang bisa kamu coba itu… media cetak. Kamu bisa menjadi salah satu penulis yang khusus membahas tentang interior atau arsitektur dan macam-macam. Karena untuk menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan interior itu dibutuhkan orang yang mengerti tentang bidang itu. Yang terakhir, kalau passion kamu itu mengajar.. kamu bisa coba jadi dosen tapi ini sih dibutuhkan pendidikan yang lebih tinggi daripada S1. Atau kalau kamu gak pengen jadi dosen, pengennya ngajar anak-anak aja gitu… kamu bisa coba jadi guru menggambar mungkin…

Berikut kami sajikan hasil wawancara bersama salah satu alumni desain interior terkenal..

Tanya: Apakah prospek kerjanya tinggi?’

Jawab: Menurut aku sih, tetap prospek kerjanya sangat tinggi. Tapi itu balik lagi ke kamu, balik ke passion kamu lagi, jadi kamu juga yang menentukan masa depanmu 🙂 Kalau aku pribadi, aku lebih memilih menjadi freelancer. Yang aku jalani sekarang juga seperti itu. Karena aku menjalani satu bidang lagi yang mungkin kalau dipandang orang-orang itu berbeda dengan jurusan yang aku ambil. Jadi, supaya aku bisa menjalankan dua-duanya aku lebih memilih untuk bekerja di bidang interior sebagai freelancer. Untuk menentukan pekerjaan apa yang cocok untuk kamu, itu cuma kamu yang tahu. Kalau aku sih udah gak terlalu peduli lagi orang lain mau bilang aku gak nyambung menjalankan bidang yang satunya itu. Gak apa-apa. Curhat 🙂 Karena aku tahu apa yang aku lakukan. Aku bekerja dengan hal yang aku senangi.

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman semua yang kebingungan tentang prospek kerja desain interior. Terima kasih :).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini